Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Pariwisata menurut James J. Spillane (1987)

Walaupun banyak jenis wisata ditentukan menurut motif tujuan perjalanan, menurut James J. Spillane (1987) dapat juga dibedakan adanya beberapa jenis pariwisata khusus sebagai berikut :
a. Pariwisata Untuk Menikmati Perjalanan (Pleasure Tourism)
Pariwisata untuk menikmati perjalanan dilakukan untuk berlibur, mencari udara segar, memenuhi keingintahuan, mengendorkan ketegangan saraf, melihat sesuatu yang baru, menikmati keindahan alam, dan mendapatkan kedamaian.

b. Pariwisata Untuk Rekreasi (Recreation Tourism)
Pariwisata untuk rekreasi dilakukan sebagai pemanfaatan hari-hari libur untuk beristirahat, memulihkan kesegaran jasmani dan rohani dan menyegarkan keletihan.

c. Pariwisata Untuk Kebudayaan (Cultural Tourism)
Pariwisata untuk kebudayaan ditandai serangkaian motivasi seperti keinginan belajar di pusat riset, mempelajari adat-istiadat, mengunjungi monumen bersejarah dan peninggalan purbakala dan ikut festival seni musik.

d. Pariwisata Untuk Olah Raga (Sports Tourism)
Pariwisata untuk olahraga dibagi menjadi dua kategori :
1. Big Sports Event, pariwisata yang dilakukan karena adanya peristiwaperistiwa olahraga besar seperti Olimpiade, Asian Games, SEA Games, World Cup, dan lain sebagainya.
2. Sporting Tourism of the Prectitioner, pariwisata olahraga bagi mereka yang ingin berlatih atau mempraktekkan sendiri, seperti mendaki gunung, panjat tebing, berkuda, berburu, rafting, memancing, dan lain-lain.

e. Pariwisata Untuk Urusan Usaha Dagang (Business Tourism)
Pariwisata untuk urusan usaha dagang umumnya dilakukan para pengusaha atau industrialis antara lain mencakup kunjungan ke pameran dan instalasi teknis.

f. Pariwisata Untuk Berkonvensi (Convention Tourism)
Pariwisata untuk berkonvensi berhubungan dengan konferensi, simposium, sidang dan seminar internasional.



--- --- ---
Sumber:

Skripsi Linda Agustiana, Analisis Efisiensi Obyek Wisata Di Kabupaten Wonosobo (Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Tahun 2013)

Post a Comment for "Jenis Pariwisata menurut James J. Spillane (1987)"