Isoquant dan Isocost Pada Produksi Pendidikan

Produksi jangka panjang adalah produksi dimana semua input atau faktor produksi yang dipergunakan untuk proses produksi bersifat variabel. Kondisi tersebut seorang produsen dapat memilih kombinasi input yang paling menguntungkan untuk menghasilkan output. Untuk memproduksi sejumlah ouput tertentu, produsen bisa menggunakan berbagai kombinasi jumlah input dan dapat digambarkan dalam sebuah kurva isoquant. Berbagai kombinasi tenaga kerja dan kapital yang membebani perusahaan dengan biaya dalam jumlah yang sama dinamakan dengan isocost. Untuk meminimumkan biaya produksi sejumlah output tertentu, unit kegiatan ekonomi harus memilih kombinasi input dengan biaya minimum (least cost combination). Kombinasi ini terjadi pada saat garis isocost menyinggung kurva isoquant atau sama dengan kurva keseimbangan produsen (Pindyck, 2008).
Kurva Isoquant dan Isocost (Miller dan Roger E. Meiners, 2000, hal. 279)
Kurva Isoquant dan Isocost (Miller dan Roger E. Meiners, 2000, hal. 279)

Secara matematis, gambar 2.4 dapat dijelaskan sebagai berikut :
Persamaan Kurva Isoquant dan Isocost (Miller dan Roger E. Meiners, 2000, hal. 279)
Persamaan Kurva Isoquant dan Isocost (Miller dan Roger E. Meiners, 2000, hal. 279)


Rasio MPl/MPk nilai matematis dari besaran sudut isokuan dan disebut tingkat substitusi teknis marjinal tenaga kerja terhadap modal. MRTS didefinisikan sebagai perubahan jumlah input tenaga kerja yang diperlukan untuk mengimbangi perubahan input (modal) sebanyak 1 unit agar output selalu konstan. Bentuk cekung dari isokuan menunjukkan bahwa tingkat substitusi teknis marjinal berkurang begitu L meningkat dan K menurun. Sehingga apabila jumlah tenaga kerja ditambahkan untuk menggantikan sejumlah modal di sepanjang garis isokuan yang sama, maka tingkat substitusi teknis marjinal menurun.


Sumber:

Khoirul H., Analisis Produktivitas Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Di Kabupaten Semarang, Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Tahun 2013

--- --- --- ---
Untuk mendapatkan Versi Lengkap dari Penelitian ini, silahkan kunjungi Halaman File Penelitian Ekonomi.