Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dampak Korupsi terhadap Kesejahteraan Masyarakat

Pada tahun 2008, Tika Widiastuti ( 2008) melakukan penelitian dengan judul “Dampak Korupsi terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Beberapa Negara Muslim”.

Penelitian ini meneliti tentang dampak korupsi melalui instrumen kebijakan fiskal terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat dan untuk membandingkan tingkat kesejahteraan di negara yang korupsinya tinggi dengan negara yang tingkat korupsinya rendah di negara-negara muslim anggota OKI (Organisasi Konferensi Islam) pada tahun 2003 – 2006.



Model yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode estimasi maximum likelihood dan pengujiannya dengan teknik pengolahan data structural equation modeling (SEM).


Kesimpulan dari penelitian ini adalah korupsi berdampak buruk terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat.

Terjadinya inefisiensi pada sisi pengeluaran pemerintah kurang memberikan pengaruh positif langsung pada kesejahteraan. Hal ini dikarenakan kemungkinan alokasi anggaran yang tidak sesuai kebutuhan masyarakat atau terjadi korupsi pada alokasi anggaran untuk kesejahteraan masyarakat. 

Di negara muslim yang tingkat korupsinya tinggi memiliki tingkat kesejahteraan yang lebih rendah dibandingkan dengan negara muslim yang tingkat korupsinya rendah.


Sumber:
Septiana, (2012). Analisis Hubungan Ipm, Kapasitas Fiskal, Dan Korupsi Terhadap Kemiskinan Di Indonesia. Skripsi S1, Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Tahun 2012.

Post a Comment for "Dampak Korupsi terhadap Kesejahteraan Masyarakat"