Hubungan antara Korupsi dengan Kemiskinan

Pada tahun 2003, Eric Chetwynd, Frances Chetwynd, dan Bertram Spector melakukan penelitian dengan judul “Corruption and poverty : A Review of Recent Literature”.  Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara korupsi dengan kemiskinan.

Penelitian ini melihat dampak korupsi terhadap kemiskinan melalui dua model, yaitu model ekonomi dan model pemerintahan.
Pada model ekonomi dijelaskan bahwa korupsi dapat mengurangi pertumbuhan ekonomi dan menyebabkan ketimpangan pendapatan meningkat yang kemudian menyebabkan kemiskinan semakin meningkat.
Pada model pemerintahan dijelaskan bahwa korupsi dapat mengurangi kapasitas fiskal pemerintah sehingga kemiskinan meningkat.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah korupsi tidak memperburuk dan meyebabkan kemiskinan, tetapi memiliki hubungan kompleks dan dipengaruhi oleh faktor ekonomi dan pemerintahan.


Sumber:
Septiana, (2012). Analisis Hubungan Ipm, Kapasitas Fiskal, Dan Korupsi Terhadap Kemiskinan Di Indonesia. Skripsi S1, Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Tahun 2012
--- --- --- ---
Untuk mendapatkan Versi Lengkap dari Penelitian ini, silahkan kunjungi Halaman File Penelitian Ekonomi.