Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persyaratan Suatu Permukiman

Permukiman pada garis besarnya terdiri dari berbagai komponen yaitu pertama, ialah lahan atau tanah yang diperuntukan untuk permukiman itu dimana kondisi tanah akan mempengaruhi harga dari satuan rumah yang dibangun atas lahan tersebut.

Kawasan Sawojajar, salah satu kawasan permukiman di Kota Malang
Kawasan Sawojajar, salah satu kawasan permukiman di Kota Malang




Kedua, prasarana permukiman yaitu jalan lokal, saluran drainase, saluran air kotor, saluran air bersih, serta jaringan telepon dan listrik.

Komponen ketiga adalah perumahan (tempat tinggal) yang dibangun.


Suatu permukiman akan menjadi ideal apabila telah memiliki komponen yang keempat, yaitu fasilitas umum dan social (kadang disebut fasilitas kota) yaitu fasilitas pendidikan, kesehatan, peribadatan, lapangan bermain, dan lainnya (Budi D. Sinulingga, 2005). 

Secara sederhana, Budi D. Sinulingga (2005) menyatakan bahwa suatu permukiman yang baik itu harus memenuhi ketentuan sebagai berikut :


  1. Lokasinya sedemikian rupa sehingga tidak terganggu oleh kegiatan lain seperti pabrik yang menyebabkan pencemaran udara, lingkungan, atau pencemaran lainnya.
  2. Mempunyai akses terhadap usat-pusat pelayanan seperti pelayanan pendidikan, kesehatan dan perdagangan. 
  3. Mempunyai fasilitas drainase, yang dapat mengalirkan air hujan dengan cepat dan tidak sampai menimbulkan genangan air walaupun hujan yang lebat sekalipun.
  4. Mempunyai fasilitas penyediaan air bersih, berupa jaringan disribusi yang siap disalurkan ke masing-masing rumah.
  5. Dilengkapi dengan fasilitas pembuangan air kotor/tinja.
  6. Dilengkapi dengan fasilitas umum seperti taman bermain bagi anak-anak, lapangan atau taman, tempat beribadat, pendidikan kesehatan.
  7. Adanya fasilitas pembuangan sampah secara teratur agar lingkungan permukiman tetap nyaman.
  8. Dilayani oleh jaringan listrik dan telepon.






Sumber:
Purbosari, (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Bertempat Tinggal Di Kota Bekasi Bagi Penduduk Migran Berpenghasilan Rendah yang Bekerja Di Kota Jakarta. Skripsi S1, Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Tahun 2012

Post a Comment for "Persyaratan Suatu Permukiman "