Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pertumbuhan Ekonomi dan Lingkungan

Pada umumnya, perhatian terhadap masalah lingkungan hidup bermula dari persepsi bahwa daya dukung sumber daya yang ada di bumi ini serba terbatas (Todaro, 2006). 
Ada semacam angka maksimal penduduk bumi yang jika dilampaui (artinya, seandainya jumlah aktual penduduk bumi melebihi sumber daya yang ada) maka kebutuhan hidup sebagian umat manusia tidak terpenuhi. 


Cepatnya pertumbuhan penduduk di negara-negara berkembang telah menyusutkan persediaan sumberdaya alam serta menimbulkan masalah-masalah degradasi lingkungan di daerah perkotaan.
Demi memenuhi kebutuhan penduduk negara-negara Dunia Ketiga yang jumlahnya terus meningkat, segenap kecenderungan dan tindakan yang merusak lingkungan hidup harus dihentikan secepatnya. Selain itu, tingkat produktivitas sumber daya yang masih tersisa harus diselamatkan atau dilestarikan agar dapat mendukung aneka kebutuhan penduduk dunia.
Dalam Todaro (2006), menyebutkan bahwa para ekonom semakin menyadari betapa pentingnya implikasi-implikasi yang ditimbulkan oleh berbagai persoalan lingkungan hidup terhadap keberhasilan upaya-upaya pembangunan.

Pemanfaatan sumberdaya alam dan lingkungan secara berlebihan tanpa memperhatikan aspek pelestariannya dapat meningkatkan tekanan-tekanan terhadap kualitas lingkungan hidup yang pada akhirnya akan mengancam semua penduduk di negara-negara Dunia Ketiga. 

Pertumbuhan ekonomi dan lingkungan memiliki keterkaitan satu sama lain, dapat dilihat melalui kurva lingkungan Kuznet. Teori kurva lingkungan dari kuznet yang menghubungkan antara degradasi (penurunan) kualitas lingkungan hidup dengan pertumbuhan ekonomi (Todaro, 2006). Kurva Kuznet menunjukkan bahwa tingkat pencemaran lingkungan mengalami kenaikan dan kemudian mengalami penurunan atau titik balik, selaras dengan kenaikan pendapatan masyarakat. Kurva Kuznet ini digambarkan dalam bentuk huruf U terbalik, sebagaimana yang dapat dilihat pada Diagram kurva Kuznet berikut:



Diagram kurva Kuznet 

Diagram Kurva Kuznet (Todaro, 2006)
Diagram Kurva Kuznet (Todaro, 2006)

Gambaran dari kurva Kuznet, bahwa pada tahap awal pembangunan, masyarakat lebih tertarik misalnya pada mengkonsumsi makanan dari pada lingkungan yang bersih. Pada masyarakat dengan pendapatan rendah hanya mampu untuk melakukan konsumsi, dan masyarakat terlalu miskin untuk mampu membayar penurunan pencemaran lingkungan. Kondisi tersebut menyebabkan degradasi lingkungan meningkat/penurunan kualitas lingkungan terjadi terus menerus. 
Logikanya adalah pada saat melakukan konsumsi masyarakat menggunakan banyak sumberdaya alam dan teknologi kotor sehingga menyebabkan kerusakan lingkungan tanpa ada upaya penanggulangan.


Pada kurva Kuznet juga terlihat bahwa pada saat pendapatan masyarakat mulai naik, kualitas lingkungan akan menjadi lebih baik dan marginal utilitas konsumsi akan menurun. Hal ini mengisyaratkan bahwa masyarakat mulai menghargai lebih besar kualitas lingkungan hidup yang lebih baik. 

Ketika kualitas kehidupan meningkat sebagai hasil pembangunan, maka orang membutuhkan kualitas lingkungan yang lebih baik dan mendorong pemerintah agar menetapkan kebijakan untuk meningkatkan kualitas lingkungannya. Dalam kurva ditunjukkan pada rentang pendapatan menengah polusi mulai berhenti meningkat dan selanjutnya pada titik balik akan menurun selaras dengan kenaikan pendapatan masyarakat.


Dari Diagram kurva Kuznet dapat dilihat bahwa semakin meningkatnya pendapatan masyarakat yang berarti terjadinya pertumbuhan ekonomi, pada awalnya akan menimbulkan polusi. Namun, pada akhirnya akan meningkatkan kualitas lingkungan hidup kembali karena semakin lama masyarakat cenderung mengurangi kegiatan ekonomi yang menyebabkan eksternalitas, dan dengan meningkatnya pendapatan masyarakat akan cenderung meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan melalui penggunaan teknologi yang ramah lingkungan.



Sumber:
Fitri, (2012). Persepsi Publik Mengenai Pengelolaan Lingkungan Hidup Di Kota Semarang. Skripsi S1, Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Tahun 2012.

1 comment for "Pertumbuhan Ekonomi dan Lingkungan "