Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Efisiensi Produksi

Efisiensi produksi menyangkut biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan sejumlah output tertentu. Jika produsen tidak efisien dalam berproduksi, maka dalam kondisi tersebut produsen dapat memproduksi barang lebih banyak tanpa mengurangi produksi dari barang lain.


Ilustrasi mengenai efisiensi produksi yang digambarkan dengan menggunakan kurva Production Possibilities Frontier ditampilkan pada Gambar 3. Berdasarkan ilustrasi tersebut, produsen dapat disebut efisien jika semua UKE yang beroperasi berada di sepanjang kurva batas produksi (production frontier) atau di sepanjang garis P-P’. Adapun kondisi yang tidak efisien terjadi ketika produsen berproduksi tidak di sepanjang garis batas produksi, baik di area dalam garis maupun di area luar garis batas produksi.



Gambar 3 Efisiensi Produksi dan Production Possibilities Frontier
Sumber: Stiglitz, Joseph, 2000



Selain dengan pendekatan Production Possibility Frontier, efisiensi produksi juga dapat dilihat melalui pendekatan budget constraint dimana terdapat isocost line yang memberikan kombinasi input dari biaya. Isocost line (garis isocost) merupakan grafik yang menunjukkan semua kemungkinan kombinasi input (tenaga kerja dan modal) yang dapat dibeli dengan biaya total tertentu (Pindyck, 2009).


Suatu perusahaan memaksimisasikan jumlah output yang diproduksi dengan memberikan tingkat pengeluaran dari input dimana isoquant merupakan tangen dari isocost sehingga marginal rate of substitution sama untuk harga yang relatif. Dalam ekonomi persaingan, semua perusahaan menunjukkan harga yang sama karena perusahaan dalam menggunakan input tenaga kerja dan tanah mengatur agar marginal rate of technical subtituion yang sama untuk harga yang relatif.




Sumber:
Yatiman Nur, (2012). Analisis Efisiensi Teknis Anggaran Belanja Sektor Kesehatan Pemda Kab-Kota Di Provinsi Yogyakarta Tahun 2008 - 2010. Skripsi S1, Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Tahun 2012

Post a Comment for "Efisiensi Produksi"