Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pertumbuhan Penyerapan Tanaga Kerja pada Industri Kecil

Pertambahan permintaan perusahaan terhadap tenaga kerja bergantung pertambahan permintaan masyarakat akan barang dan jasa yang diproduksi. Permintaan tenaga kerja yang seperti itu dinamakan derived demand (Payaman J. Simanjuntak, 1985:55). +


Oleh karena itu, kenaikan permintaan pengusaha terhadap tenaga kerja, tergantung dari kenaikan permintaan masyarakat akan barang yang diproduksi.

Sudarsono (1988:35) menyatakan bahwa permintaan tenaga kerja berkaitan dengan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan atau instansi tertentu, permintaan tenaga kerja ini dipengaruhi oleh perubahan tingkat upah dan perubahan faktor-faktor lain yang mempengaruhi permintaan hasil produksi, antara lain: naik turunnya permintaan pasar akan hasil produksi dari perusahaan yang bersangkutan, tercermin melalui besarnya volume produksi, dan harga barang-barang modal yaitu nilai mesin atau alat yang digunakan dalam proses produksi.

Pertumbuhan penyerapan tenaga kerja tiap tahunnya dapat dihitung menggunakan rumus :



Keterangan: 
Pt = Banyaknya tenaga kerja pada akhir tahun
Po = Banyaknya tenaga kerja pada awal tahun
r = Angka pertumbuhan tenaga kerja
t = Jangka waktu ( dalam banyaknya tahun)



Dari persamaan tersebut maka dapat dihitung rata-rata tingkat pertumbuhan penyerapan tenaga kerja pada indusrti kecil pada tiap tahunnya yang dinyatakan dalam presentase.




Sumber:
Pratama Diyan, (2012). Analisis Pertumbuhan Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Kecil Di Kabupaten Jepara. Skripsi S1, Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Tahun 2012+

Post a Comment for "Pertumbuhan Penyerapan Tanaga Kerja pada Industri Kecil"