Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konsep Keuntungan Laba Usaha

Laba usaha/keuntungan adalah pendapatan yang diterima oleh perusahaan dikurangi dengan operasional perusahaan dalam suatu operasi tertentu. Laba usaha/keuntungan yang dimaksud “adalah laba bersih yang menjadi ukuran sukses bagi sebuah perusahaan.”



Laba atau keuntungan dapat diperoleh melalui pemuasan konsumen. Dengan laba ini perusahaan dapat tumbuh dan berkembang, serta dapat menggunakan kemampuannya yang lebih besar kepada konsumen dan dapat memperkuat kondisi perekonomian secara keseluruhan.

Laba atau keuntungan merupakan tujuan umum dari suatu perusahaan, tetapi banyak perusahaan yang mempunyai tujuan-tujuan lain seperti memberikan ketentraman bagi tenaga kerja, membantu masyarakat dan memberikan perlindungan serta kepuasan pada segmen pasar yang dituju. Perlu diingat bahwa semua tujuan sosial tersebut tergantung pada kelangsungan hidup dan pertumbuhan hidup jangka panjang. Hal tersebut sulit dilaksanakan tanpa adanya laba.



Kebanyakan perusahaan menetapkan untuk mencari laba sebagai tujuan yang hendak dicapai, sebenarnya laba merupakan akibat dari keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuannya. Tetapi laba yang diinginkan tersebut tidak sekedar dari hasil penjualan saja melainkan juga harus dapat memberi kepuasan kepada pembeli dengan memperbaiki lingkungannya.

Post a Comment for "Konsep Keuntungan Laba Usaha"