Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Kombinasi Produk

Kombinasi Produk adalah pokok bahasan yang tercakup dalam ilmu mata kuliah Manajemen Operasi. Berikut adalah beberapa pengertian dari Ilmu Manajemen Operasi, yaitu :
  • Manajemen Operasi merupakan proses manajemen yang diterapkan dalam kegiatan / bidang produksi dalam sebuah perusahaan
  • Manajemen Operasi adalah serangkaian kegiatan yang membuat barang / jasa melalui perubahandari input ke output
  • Manajemen Operasi adala suatu proses planning , organizing& controlling sumber daya untuk menghasilkan barang / jasa seperti untuk memenuhi keinginan konsumen maupun tujuan perusahaan. Manajemen Operasi adalah merupakan suatu system operasi dari suatu organisasi baik pabrikasi / jasa
  • Manajemen Operasi merupakan usaha-usaha pengelolaan secara optimal, penggunaan sumber daya (tenaga kerja, bahan mentah, manajemen system, alat dll) dalam proses transformasi bahan mentah + tenaga kerja untuk menghasilkan batang / jasa
  • Manajemen Operasi adalah merupakan arah / control yang sistematis dari suatu proses transformasi input menjadi barang / jasa
  • Manajemen Operasi merupakan proses manajemen yang diterapkan dalam kegiatan bidang produksi dalam sebuah perusahaan

Dari beberapa pengertian Manajemen Operasi di atas dapat disimpulkan bahwa, Manajemen Operasi Merupakan sistem Operasi / produktif dari proses manajemen di bidang operasi dan pengelolaan sumber daya secara Optimal.

Kombinasi Produk adalah perpaduan sistem Operasi / Produktif barang / jasa dalam suatu komposisi kuantitas Produksi tertentu. Sehingga Organisasi / Perusahaan mampu menentukan Nilai Optimum dalam produksi satu atau lebih barang / jasa sesuai keinginan / permintaan konsumen.
Konsep dan Teori Kombinasi Produk
Permasalahan Kombinasi Produk dapat dipecahkan dengan metode perhitungan Matematis Linear Programming (LP) yang merupakan salah satu teknik Manajemen Operasional dan digunakan paling luas dan diketahui dengan baik. Linear Programming merupakan metode matematis dalam mengalokasikan sumber daya yang langka untuk mencapai suatu tujuan seperti memaksimumkan keuntungan dan meminimumkan biaya. (George Dantzig).

Berikut adalah uraian singkat serta bentuk-bentuk dari Linear Programming (LP), yang digunakan dalam mengalokasikan Operasi / Produksi pada suatu produk:

a. Linear Programming (LP)
Merupakan metode matematik dalam mengalokasikan sumber daya yang langka untuk mencapai tujuan memaksimumkan keuntungan dan memnimumkan biaya. (George Dantzig, USA).

Langkah-langkah Linear Programming (LP):
1. Problem Definition, ada 3 aspek utama ;
  • Identifikasi alternatip keputusan
  • Diskripsi tujuan
  • Pengenalan kelangkaan
2. Model Construction, harus menemukan model yang cocok
3. Model solution, dengan model matematik menggunakan teknik optimasi agar dapat menjawab solusi yang Optimum. Analisis sensitivitas diterapkan bila parameter dalam sistem diistimasikan tidak dengan tepat.
4. Model Validasi, model yang valid akan dapat membantu prediksi dengan tepat / sama dengan system aktualnya.
5. Implementasi, menguji model yang dihasilkan apakah terhadap sistem actual, agar dapat untuk orang

Bentuk Umum dari Linear Progamming (LP) adalah:



b. Metode Linear Programming (LP) Simplek
Digunakan untuk mengetahui Kombinasi yang Optimal dari variabel-variabel yang diduga mempengaruhi nilai Keuntungan / Laba (Nilai Z) digunakan model analisis Simplek.

Langlah-langkah Metode Linear Programming (LP) Simplek:
  1. Susun Tabel kerja (awal)
  2. Hitung Zj dan baris Cj – Zj
  3. Variabel Nondasar yang masuk disebut “ kolom kunci “ (The Entering Nonbasic variable)
  4. Variabel dasar yang keluar disebut “ baris kunci “ (The Leaving basic variable)
  5. Membentuk tabel baru
  6. Test Optimalisasi, bila belum Optimal 3.
Bentuk Tabel :

Post a Comment for "Pengertian Kombinasi Produk "