Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sikap dan Karakteristik Konsumen

a.    Pengertian Sikap
Sikap adalah suatu kecendrungan yang dipelajari untuk bereaksi terhadap penawaran produk dalam masalah-masalah yang baik ataupun kurang baik secara konsekuen (Swasta & Handoko, 1990:92). Sikap mempuyai beberapa karateristik yang penting yaitu:
  1. Sikap dapat dipelajari, mereka berkembang dari pengalaman pribadi dan berbagai macam informasi. Jadi sangat penting untuk menyadari perubahan bahwa pengetahuan dapat mendahului perubahan dan pembentukan sikap serta prinsi-prinsip pengetahuan.
  2. Sikap memiliki arah dan tujuan yang baik atau tidak baik, setuju atau tidak setuju atas objeknya.
  3. Sikap memiliki objek.
  4. Sikap harus memiliki objek yang bisa abstrak dan nyata.
b.    Komponen-Komponen Sikap
Komponen-komponen terdiri dari efektif, komponen kognitif dan komponen perilaku. Masing-masing komponen memiliki manifestasi yang berbeda-beda yang akan menghasilkan suatusikap yang menyeluruh sebagai tanggapan dari rangsangan yang diterima. Tapi tiga komponen sikap ini konsisten satu sama lain. Jika dipengaruhi satu kelompok, maka komponen yang lain akan berubah. 



c. Karateristik Konsumen
Karateristik konsumen merupakan ciri individu yang berperan sebagai pembentukan sikap dan merupakan petujuk penting mengenai nilai-nilai yang dianut oleh seorang konsumen. Sikap dalam menentukan pilihan produk dipengaruhi oleh karateristik konsumen. Adapun karateristik yang mempengaruhi sikap konsumen adalah:

Sikap dan Karakteristik Konsumen
Sikap dan Karakteristik Konsumen


a.    Kepribadian
Kepribadian merupakan pola perilaku yang konsisten dan bertahan lama, dengan memahami karateristik kepribadian tersebut dapat diketahui perilaku konsumen yang bersifat permanen guna menjadikan dasar untuk memposisikan produk dipasar.

b.    Gaya hidup
Gaya hidup didefinisikan sebagai cara hidup yang diidentifikasikan oleh bagaimana orang menghabiskan waktu mereka, apa yang mereka anggap penting dalam lingkungannya dan apa yang mereka fikirkan tentang diri mereka sendiri dan juga dunia sekitarnya (Sutisna, 2001:145).

Post a Comment for "Sikap dan Karakteristik Konsumen"