Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anggaran Pendapatan Premi Asuransi

Anggaran merupakan rencana-rencana yang disajikan pada awal periode operasi begitu juga dengan anggaran pendapatan. Untuk membuat anggaran pendapatan perlu dilakukan analisis pendapatan dan memperkirakan hasil penjualannya terlebih dahulu, seperti yang dikatakan oleh Lili M. Sadeli dalam bukunya yang berjudul Akuntansi Manajemen, bahwa:
Anggaran Pendapatan Premi Asuransi
Anggaran Pendapatan Premi Asuransi


Langkah pertama adalah analisis pendapatan (revenues) yang dihasilkan dalam periode ini, dan mengestimasikan hasil penjualan terlebih dahulu, karena tingkat operasi pabrik dan beberapa keputusan lain terikat oleh hasil penjualan yang diharapkan. (Sadeli, 1999: 137)

Menurutnya untuk membuat anggaran pendapatan dan perlu diperkirakan terlebih dahulu hasil penjualan untuk membuat anggaran pendapatan tersebut, sedangkan untuk menyajikan suatu anggaran hasil penjualan, menurut Lili M. Sadeli dalam bukunya tersebut, terdapat beberapa faktor yang harus dibuat dan diestimasikan yaitu (Sadeli, 1999: 137):

  1. Harga untuk tiap-tiap produk perusahaan
  2. Jumlah untuk tiap-tiap produkyang akan dijual.


Pendapatan premi merupakan jenis pendapatan utama, yang dihasilkan oleh perusahaan asuransi, anggaran pendapatan premi merupakan rencana mengenai pendapatan premi yang akan dihasilkan oleh perusahaan asuransi pada untuk periode selanjutnya yang disajikan sebelum awal periode. 

Dalam membuat anggaran pendapatan ini langkah pertama yang harus dilakukan adalah menganalisis pendapatan premi yang dihasilkan dalam periode ini dan mengestimasikan hasil penjualan polis terlebih dahulu.

Berdasarkan kutipan diatas, maka untuk menyajikan suatu anggaran hasil penjualan polis, yang harus dibuat dan diestimasikan adalah sebagai berikut:

  1. Harga premi dari tiap-tiap polis asuransi perusahaan
  2. Jumlah unit dari tiap-tiap produk yang akan terjual.

Dalam menyusun estimasi tersebut, tidak terlepas dari kegiatan staf bagian penjualan atau pemasaran pada perusahaan yang harus mengakaji hasil penjaulan perusahaan lalu, sebagai dasar untuk estimasi dan hasil estimasi tersebut harus wajar dan realistis.

Post a Comment for "Anggaran Pendapatan Premi Asuransi"