Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Proses Pengambilan Keputusan Konsumen

Pengambilan keputusan konsumen untuk membeli suatu produk adalah dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain pengaruh psikologi, pengaruh individu, pengaruh sosial dan budaya.

Berikut ini merupakan proses konsumen dalam memutuskan pilihannya untuk membeli atau memilih suatu produk (Ebert dan Griffen, 2007) : 

a. Pengenalan terhadap masalah atau kebutuhan. Proses ini dimulai ketika konsumen mengenal atau menghadapi suatu masalah atau kebutuhan. Pengenalan kebutuhan juga terjadi ketika konsumen memiliki kesempatan untuk mengganti perilaku pembeliannya.

b. Pencarian informasi. Setelah mengenal kebutuhannya, konsumen kerap kali akan mencari informasi terkait produk yang berasal dari informasi pribadi, informasi masyarakat, dan pengalaman.

c. Evaluasi produk alternatif. Setelah mengetahui sejumlah informasi mengenai produk yang akan dibeli, maka konsumen biasanya akan membandingkannya dengan produk lain yang sejenis, dan memilih yang paling baik yang sesuai dengan kebutuhannya.

d. Keputusan saat pembelian. Keputusan “membeli” didasarkan pada motivasi yang rasional, motivasi yang emosional, atau antara keduanya. Motivasi rasional melibatkan evaluasi logis terhadap sifat-sifat produk: harga, kualitas dan kegunaan. Sedangkan Motivasi emosional melibatkna faktor-faktor yang tidak objektif termasuk pergaulan (kelas sosial), meniru orang lain, dan nilai estetika.

e. Evaluasi pasca pembelian. Evaluasi ini dilakukan untuk melihat tingkat kepuasan konsumen terhadap barang yang telah dibelinya.

Proses Pengambilan Keputusan Konsumen dalam Membeli Produk
Proses Pengambilan Keputusan Konsumen dalam Membeli Produk


Sumber:
Purbosari, (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Bertempat Tinggal Di Kota Bekasi Bagi Penduduk Migran Berpenghasilan Rendah yang Bekerja Di Kota Jakarta. Skripsi S1, Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Tahun 2012

Post a Comment for "Proses Pengambilan Keputusan Konsumen"