Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Usaha Tani

Pengertian Usaha Tani
Pengertian usaha tani adalah himpunan dari sumber-sumber alam yang diperlukan untuk memproduksi pertanian seperti tanah, air, teknologi, pengolahan tanah, sinar matahari, bangunan-bangunan yang didirikan di atas tanah dan sebagainya. Ushaa tani dapat berupa usaha bercocok tanam atau memelihara ternak.

Ilmu usaha tani adalah ilmu yang mempelajari tentang pengetahuan pemakaian faktor-faktor produksi yang terdapat dalam keadaan terbatas, faktor tersebut seperti tanah, tenaga kerja, modal dan teknologi secara efisien, sehingga dapat diperoleh pendapatan maupun keuntungan yang optimal dari usaha tani yang dikelola secara kontinyu.
Produksi dalam Usaha Tani
Sesuai dengan pengertian tersebut maka kombinasi dari faktor-faktor tersebut dapat dinyatakan dalam bentuk fungsi yang disebut fungsi produksi.


Produksi pertanian tidak terlepas dari ketidakpastian (uncertainly), karena proses produksi dalam pertanian memerlukan jangka waktu tertentu. Pada jangka pendek, ada beberapa input yang tidak dapat diubah dengan cepat, tetapi dalam jangka panjang semua input dapat diubah, sehingga seorang petani yang ingin meningkatkan produksinya dapat merubah input yang dipakainya.

1 comment for "Pengertian Usaha Tani"