Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teori Pengeluaran Pemerintah (Mangkoesoebroto, 1993)

Teori makro mengenai perkembangan pengeluaran pemerintah dikelompokkan menjadi tiga golongan, yaitu (Mangkoesoebroto, 1993; 169): 

  1. Model pembangunan tentang perkembangan pengeluaran pemerintah. 
  2. Hukum Wagner mengenai perkembangan aktivitas pemerintah. 
  3. Teori Peacock & Wiseman 



1. Model Pembangunan Tentang Perkembangan Pengeluaran Pemerintah 
Model ini dikembangkan oleh Rostow dan Musgrave yang menghubungkan perkembangan pengeluaran pemerintah dengan tahap-tahap pembangunan ekonomi yang dibedakan antara tahap awal, tahap menengah, dan tahap lanjut.



Pada tahap awal perkembangan ekonomi, prosentase investasi pemerintah terhadap total investasi besar, sebab pada tahap ini pemerintah harus menyediakan prasarana, seperti pendidikan, kesehatan, prasarana transportasi, dan sebagainya.

2. Hukum Wagner 
Teori ini mengemukakan perkembangan pengeluaran pemerintah yang semakin besar dalam prosentase terhadap GNP, dimana teori ini didasarkan pada pengamatan di negara-negara Eropa, US, dan Jepang pada abad ke-19 (Mangkoesoebroto, 1993; 170). Wagner mengemukakan pendapatnya dalam bentuk suatu hukum Wagner, sebagai berikut Dalam suatu perekonomian, apabila pendapatan perkapita meningkat, secara relatif pengeluaran pemerintah pun akan meningkat.


Berikut Formula Hukum Wagner :
Formula Hukum Wagner  (Mangkoesoebroto, 1993; 170)

Keterangan:
PPP : Pengeluaran Pemerintah perkapita
PPK : Pendapatan perkapita, yaitu GDP/jumlah penduduk
1,2,...n : Jangka waktu (tahun)


Hukum Wagner ini ditunjukkan dalam gambar berikut dimana kenaikan pengeluaran pemerintah mempunyai bentuk eksponensial yang ditunjukkan oleh kurva perkembangan pengeluaran pemerintah (Mangkoesoebroto, 1993; 172).


Gambar Pertumbuhan Pengeluaran Pemerintah Menurut Wagner

Pertumbuhan Pengeluaran Pemerintah Menurut Wagner
Pertumbuhan Pengeluaran Pemerintah Menurut Wagner


3. Teori Peacock and Wiseman 
Dari ketiga teori mengenai perkembangan pengeluaran pemerintah tersebut, teori Peacock & Wiseman dianggap sebagai teori dan model yang terbaik (Mangkoesoebroto, 1993; 173). 
Teori mereka sering disebut sebagai The Displacement Effect, dimana teori ini didasarkan pada suatu pandangan bahwa:

Pemerintah senantiasa memperbesar pengeluaran sedangkan masyarakat tidak suka membayar pajak yang semakin besar untuk membiayai pengeluaran pemerintah yang semakin besar tersebut. 

Dalam Mangkoesoebroto (1993; 173) Peacock dan Wiseman mendasarkan teori mereka pada suatu teori bahwa masyarakat mempunyai suatu tingkat toleransi pajak, suatu tingkat dimana masyarakat dapat memahami besarnya pungutan pajak yang dibutuhkan oleh pemerintah untuk membiayai pengeluaran pemerintah. Tingkat toleransi ini merupakan kendala bagi pemerintah untuk menaikkan pungutan pajak.



Sumber:
Argi, (2011). Analisis Belanja Daerah Dan Faktorfaktor Yang Mempengaruhinya Di Kabupaten Dan Kota Provinsi Jawa Tengah Periode 2004-2009. Skripsi S1, Fakultas Ekonomika Universitas Diponegoro Tahun 2011.

Post a Comment for "Teori Pengeluaran Pemerintah (Mangkoesoebroto, 1993)"