Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan

Pembangunan berkelanjutan didefinisikan sebagai “Pembangunan yang mengusahakan dipenuhinya kebutuhan sekarang tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka” (WCED, dalam Otto Soemarwoto,2005). 


Pembangunan itu harus berwawasan lingkungan, yaitu lingkungan diperhatikan sejak pembangunan itu direncanakan sampai operasi pembangunan bahkan sampai pembangunan telah selesai dilaksanakan.

Dalam hal ini, pembangunan ekonomi harus berjalan selaras dengan kepentingan lainnya sehingga pertumbuhan ekonomi tidak hanya memenuhi kepentingan generasi sekarang tetapi juga generasi yang akan datang. 


Komisi Pembangunan Berkelanjutan PBB, menyusun sebanyak 134 indikator pembangunan berkelanjutan, kemudian BPS menyusun kerangka kerja pengembangan indikator pembangunan berkelanjutan sebagaimana yang disarankan oleh komisi pembangunan berkelanjutan PBB pada tahun 2001. Indikator tersebut sudah disesuaikan dengan kondisi lingkungan dan keberadaan data pembangunan berkelanjutan yang mengacu pada kerangka kerja dari PBB.



Kerangka kerja yang disusun oleh Komisi Pembangunan Berkelanjutan PBB pada tahun 2001, antara lain mencakup (Indikator Pembangunan Berkelanjutan, 2009):
  1. Indikator pembangunan berkelanjutan untuk aspek sosial, terdiri atas : kesetaraan, kesehatan, pendidikan, perumahan, keamanan, dan kependudukan. 
  2. Indikator pembangunan berkelanjutan untuk aspek ekonomi, terdiri atas : struktur ekonomi, serta pola konsumsi dan produksi. 
  3. Indikator pembangunan berkelanjutan untuk aspek lingkungan, terdiri atas: atmosfer, lahan, laut dan pesisir, air bersih, serta keanekaragaman hayati. 
  4. Indikator pembangunan berkelanjutan untuk aspek kelembagaan, terdiri atas: kerangka kerja kelembagaan, dan kemampuan institusi. 
Kerangka Kerja Penyusunan Indikator Pembangunan Berkelanjutan

Kerangka Kerja Penyusunan Indikator Pembangunan Berkelanjutan (Indikator Pembangunan Berkelanjutan, 2009)
Kerangka Kerja Penyusunan Indikator Pembangunan Berkelanjutan (Indikator Pembangunan Berkelanjutan, 2009)




Sumber:
Fitri, (2012). Persepsi Publik Mengenai Pengelolaan Lingkungan Hidup Di Kota Semarang. Skripsi S1, Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Tahun 2012.

Post a Comment for "Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan "