Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daya Tarik Wisata

Secara garis besar menurut Oka A. Yoeti (2008: 167) ada empat kelompok yang merupakan daya tarik bagi wisatawan datang pada suatu DTW, yaitu:
a. Natural Attractions
Yang termasuk dalam kelompok ini adalah: pemandangan (landscape), pemandangan laut (seascape), pantai (beaches), danau (lakes), air terjun (waterfall), kebun raya (National Parks), agrowisata (agrotourism), gunung berapi (volcanos), dan flora dan fauna.
b. Build Attractions
Termasuk dalam kelompok ini antara lain adalah bangunan (buildings), dengan arsitek yang menarik, seperti rumah adat dan yang termasuk bangunan kuno dan modern seperti Forbiden City (China), Big Ben (London), Jam Gadang (Bukittinggi), Museum, maupun TMII.

c. Cultural Attractions
Dalam kelompok ini termasuk diantaranya: peninggalan sejarah (historical building), cerita-cerita rakyat (folklore), kesenian tradisional (traditiona l dances), museum, upacara keagamaan, festival kesenian, dan semacamnya.
d. Sosial Attractions
Tata cara hidup suatu masyarakat (the way of life), ragam bahasa (languange), upacara perkawinan, potong gigi, khitanan, dan kegiatan sosial lainnya.



Sumber:
Hasworo, (2012). Strategi Pengembangan Obyek Wisata Batik Kota Pekalongan. Skripsi S1, Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Tahun 2012

Post a Comment for "Daya Tarik Wisata"