Analisa Perilaku Konsumen
Keberhasilan suatu program pemasaran sangat tergantung pada perilaku konsumen. Tujuan kegiatan pemasaran adalah mempengaruhi konsumen untuk bersedia membeli barang dan jasa perusahaan. Hal ini sangat penting bagi manajer pereusahaan untuk memahami “bagaimana dan mengapa” tingkah laku konsumen, sehingga perusahaan dapat mengembangkan produk, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan produknya secara lebih baik. Untuk memahami perilaku konsumen dalam pembelian barang dan jasa diperlukan studi tentang perilaku konsumen.
Untuk memahami perilaku konsumen dalam pembelian barang, memerlukan studi tersendiri yang disebut studi perilaku konsumen yang didefinisikan sebagai kegiatan-kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan mempergunakan barang dan jasa , termasuk di dalamnya proses pengambilan keputusan pada persiapan dan pencatatan kebutuhan tersebut (Basu dan Handoko,1987:19)
Sebuah model tentang perilaku konsumen dapat dilihat pada gambar berikut:
Gambar Model Perilaku Konsumen dalam Pengambilan Keputusan.
Untuk memahami perilaku konsumen dalam pembelian barang, memerlukan studi tersendiri yang disebut studi perilaku konsumen yang didefinisikan sebagai kegiatan-kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan mempergunakan barang dan jasa , termasuk di dalamnya proses pengambilan keputusan pada persiapan dan pencatatan kebutuhan tersebut (Basu dan Handoko,1987:19)
Sebuah model tentang perilaku konsumen dapat dilihat pada gambar berikut:
Gambar Model Perilaku Konsumen dalam Pengambilan Keputusan.
Post a Comment for "Analisa Perilaku Konsumen"