Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Cara Memilih Perusahaan Asuransi yang Baik

Berikut ini adalah 3 faktor dalam memilih perusahaan asuransi swasta yang baik :

A. Kekuatan Keuangan (security) 
Dalam menilai kekuatan keuangan ini ada beberapa tolok ukur yang perlu diperhatikan.


• Aset dan liabilitasnya. 
segi liabilitas (kemampuan melunasi kewajiban) akan terlihat di neraca, bagaimana utangnya pada reasuradur, bagaimana dia memenuhi kewajiban membayar klaim, dan lain sebagainya. Indikator liabilitas lainnya adalah :

  1. Net Equity (modal sendiri) dibagi net premi (premi bersih) minimal 50%. 
  2. Modal sendiri dibagi gross premi (premi kotor) minimal 20%. 
  3. Batas tingkat solvabilitasnya, yang terlihat dari modal sendiri dibagi premi bersih minimal 10% 
  4. Dana Investasi dibagi cadangan teknik minimal 100%.
• Underwriting Policy. 
Di neraca dan laporan tahunan akan terlihat bahwa asuransinya masih untung, atau mengalami pertumbuhan laba. Ini berarti underwiting polcy-nya bagus.

• Underwriter-nya. 
Asuransinya memiliki tenaga-tenaga yang berkualitas atau tidak. Itu diketahui dari profil perusahaan yang memuat para underwriter-nya.

• Reputasi Keuangan
Menilai Reputasi Keuangan adalah dengan menilai Laporan Keuangan perusahaan tersebut. Nilailah seberapa besar kekuatan modal perusahaan tersebut dibandingkan dengan perusahaan yang lain. Nilai juga seberapa bagusnya arus kas dari perusahaan tersebut. Dalam dunia asuransi, dikenal istilah RBC atau Risk Based Capital. RBC atau Risk Based Capital adalah sebuah cara untuk menilai kesehatan perusahaan asuransi.

Rasio kesehatan RBC adalah suatu ukuran yang menginformasikan tingkat keamanan finansial atau kesehatan suatu perusahaan asuransi. Semakin besar rasio kesehatan RBC sebuah perusahaan asuransi, semakin sehat kondisi finansial perusahaan tersebut.

Pilihlah Perusahaan Asuransi yang memiliki RBC di atas 120 persen. Kalau agak lebih sedikit dari 120 persen, artinya lumayan. Kurang dari itu, lebih baik cari yang lain.


B. Jasa (service)
Jasa (service) merupakan cermin sejauh mana sumber daya manusia di perusahaan tersebut berkualitas atau tidak. Apalagi, perusahaan asuransi adalah menjual jasa, maka layanan prima merupakan kunci utama.

Cara menilai reputasi pelayanan, salah satu caranya adalah dengan mendatangi sendiri kantor Perusahaan Asuransi tersebut. Atau minimal Anda tahu di mana kantornya berada.



C. Biaya
Masalah biaya adalah seberapa besar biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi dalam operasionalnya.

Post a Comment for "Inilah Cara Memilih Perusahaan Asuransi yang Baik"