Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konsep Pelayanan (Service)

Menurut Assauri (1987, hal.213) menyatakan: pelayanan yang diberikan dalam pemasaran suatu produk mencakup pelayanan sewaktu penawaran produk/jasa, pelayanan dalam pembelian/penjualan produk itu, pelayanan sewaktu penyerahan produk yang dijual, yang mencakup pelayanan dalam pengangkutan yang ditanggung oleh si penjual, pemasangan produk dan asuransi atau jaminan risiko kerusakan produk dalam jangka waktu tertentu setelah produk dibeli oleh konsumen, perbaikan dan pemeliharaan dari produk itu apabila rusak.


Konsep Pelayanan (Service)
Konsep Pelayanan (Service)



Pelayanan sewaktu penawaran produk dan jasa yang umum dilakukan sering kali menyangkut mutu, rancangan, penyajian, garansi, pengembalian bahkan harga dari produk/jasa dalam mencapai kecocokan termasuk bagian dari pelayanan.

Nilai pada umumnya terdiri dari kualitas, layanan dan harga (KLH), yang disebut segitiga nilai pelanggan. Nilai akan meningkat sebanding dengan peningkatan kualitas dan layanan dan menurun dengan meningkatnya harga. (Kotler, dkk 2002 hal. 15).


Sumber:
Assauri, S. (1987).  Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi. Rajawali Grafindo Persada. Jakarta
Kotler, P., Ang, S.W., Leong, S.M., dan Tan, C.T. (2002). Manajemen Pemasaran Perfektif Asia. PEARSON

Post a Comment for "Konsep Pelayanan (Service)"